Penyebab Bau Mulut Busuk Yang Perlu Anda Ketahui

Penyebab Bau Mulut Busuk Yang Perlu Anda Ketahui – Bau mulut atau dalam ilmu kesehatan dikenal dengan istilah halitosis dapat terjadi disebabkan berbagai hal yang erat kaitannya dengan masalah kesehatan, seperti pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat, serta kurang bisanya menjaga kebersihan dan kesehatan mulut. Agar hal ini tidak terus-terusan terjadi dan cepat teratasi tentunya penting bagi kita untuk dapat mengetahui dan mengatasi penyebab bau mulut tersebut.

penyebab bau mulut

Penyebab Bau Mulut

Menjalani kehidupan sosial bermasyarakat pada zaman modern seperti saat ini, penting sekali dapat menjaga dan merawat kesehatan mulut kita, hal ini bertujuan agar tidak terjadi yang namanya bau mulut, terlebih bagi Anda yang mempunyai profesi yang mengharuskan bertemu dengan banyak orang. Hanya karena bau mulut yang sepele saja dapat menjadikan pekerjaan Anda yang sudah tersusun rapi dan matang menjadi gagal dan berantakan.

Bau mulut dapat bersifat sementara dan dengan penanganan yang cukup mudah dapat seketika hilang. Biasanya untuk mengatasi bau mulut seperti ini penanganannya cukup dengan berkumur, menyikat dan membersihkan gigi.

Adapun bau mulut yang terjadi terus-menerus dan tidak bisa diatasi dengan cara di atas maka perlu ditangani dengan bantuan professional medis agar dapat dipastikan apa penyebab sebenarnya.

Makanan.

Memakan bahan makanan seperti bawang merah, bawang putih apalagi ditambah dengan minyak atsiri dapat menjadi penyebab bau mulut yang cukup menyengat. Di dalam perut minyak ini dapat terserap ke dalam aliran darah akibat proses pencernaan. Ketika zat ini sampai di paru-paru, maka bau yang menyengat ini akan dilepaskan ke udara melalui mulut atau hidung.

Bau mulut yang disebabkan makan bawang merah dan bawang putih apalagi dalam jumlah banyak dan mentah baunya dapat bertahan hingga 72 jam.

Kebersihan mulut.

Konsumsi makanan yang prosesnya melalui mulut dapat berakibat tertinggalnya sisa makanan di dalamnya, sehingga sisa-sisa makanan ini akan diolah dan menjadi tempat tinggal yang menyenangkan bagi sejumlah bakteri. Hasil dari proses ini akan menghasilkan hidrogen sulfida, yaitu gas yang dapat menjadi penyebab bau mulut yang sangat mengganggu.

Sinusitis

Apabila sinus, yaitu bagian hidung terdalam jika mengalami infeksi akan dapat mengeluarkan cairan dan dapat juga menimbulkan bau busuk karena cairan ini akan melewati bagian belakang tenggorokan kita.

Radang tenggorokan.

Apabila tenggorokan mengalami radang akibat infeksi dapat juga menyebabkan bau mulut ringan.

Tembakau dan minuman keras.

Zat yang terkandung di dalam dua bahan ini, yaitu nikotin dan alkohol kedua-duanya dapat menyebabkan mulut menjadi kering, sehingga akhirnya timbullah bau busuk dari dalamnya.

Mulut kering dan puasa.

Umumnya orang akan memiliki bau mulut yang tidak enak ketika terbangun dari tidur di pagi hari. Hal ini terjadi akibat penurunan produksi air liur selama proses tidur karena dalam waktu lama mulut kita dalam keadaan tertutup. Air liur sangat penting sekali perannya dalam melembabkan dan membersihkan mulut dari berbagai bakteri. Di samping itu, puasa bisa juga menyebabkan bau mulut, yaitu akibat pemecahan bahan kimia yang dikenal dengan istilah ketoasidosis.

Penyebab lainnya.

Beberapa penyebab lainnya yang dapat menjadi penyebab bau mulut di antaranya adalah: infeksi paru-paru, abses, diabetes, gangguan asam lambung kronis, intoleransi laktosa saat meminum produk susu, gigi palsu, dehidrasi dan sembelit.

Cara mengatasi berbagai penyebab bau mulut di atas.

Dari ulasan di atas tentu kita dapat mengetahui jika penyebab bau mulut itu ternyata banyak sekali. Adapun cara mengatasinya secara tepat dan efisien haruslah kita sesuaikan dengan penyebabnya.

Jika penyebabnya adalah makanan seperti bawang maka hindari untuk mengkonsumsinya atau konsumsilah dengan terlebih dahulu dimasak agar efek baunya menjadi berkurang.

Namun apabila bau mulut Anda karena kurang terjaganya kebersihan mulut dan gigi, maka semenjak sekarang rutin dan teraturlah untuk dapat membersihkannya dengan cara berkumur, menggosok gigi dan flossing.

Jika penyebab bau mulut Anda adalah kebiasaan kurang sehat maka secepatnya rubah kebiasaan tersebut menjadi lebih sehat. Tetapi jika bau mulut tersebut diakibatkan faktor lain yang melatar belakanginya seperti penyakit, maka atasilah terlebih dahulu penyakit tersebut. Dengan teratasinya masalah yang melatarbelakanginya maka dengan sendirinya bau mulut Anda pun akan hilang.